✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

Media Network
Daerah

Iskandar Kamaru: Mencari Tanggal Bersejarah untuk HUT Bolaang Uki

Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru, menjadi pusat perhatian dalam “Dialog Budaya Musyawara Masyarakat Bolaang Uki” dengan tema yang menggugah, “Kapan Hut Bolaang Uki?”.

Ajang seru ini menggelar panggungnya di Molibagu Ramadhan Fest, tepat di tengah-tengah keramaian Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, pada malam Kamis tanggal 21 Maret 2024.

Di dalam dialog yang begitu hidup, Bupati Kamaru mengusulkan beberapa gagasan penting tentang penentuan hari bersejarah bagi Kecamatan yang menjadi ibu kota Kabupaten tersebut.

“Ketika merayakan HUT Bolaang Uki, kita perlu sebuah tim yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat setempat untuk menetapkan tanggal yang tepat. Sebaiknya, kita merujuk pada peristiwa bersejarah atau momen heroik masa lalu yang masih hidup dalam ingatan masyarakat,” ucapnya dengan semangat.

Lebih lanjut, Bupati Kamaru berencana untuk menyelenggarakan seminar khusus selama perayaan HUT Bolsel untuk menggali sejarah Suku Bolango berdasarkan karya Alm. Deddy Van Gobel.

Namun tak hanya sampai di situ, kepala daerah yang bersemangat ini juga mengusulkan pembuatan sebuah Kamus bahasa Bolango yang akan menjadi bahan ajar di sekolah-sekolah.

“Pemerintah Daerah berencana membangun replika mahligai kerajaan sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah wilayah eks swapraja Bolaang Uki, agar cerita ini tetap hidup di hati semua masyarakat Bolsel,” jelasnya penuh antusiasme.

Acara dialog berlangsung dengan penuh semangat dan kehadiran berbagai kalangan masyarakat, mulai dari tokoh-tokoh terkemuka hingga pemuda, serta jajaran pimpinan PD dan ASN lingkup Pemkab Bolsel, serta tak ketinggalan para pengunjung setia Molibagu Ramadhan Fest. Suasana hangat dan terbuka mewarnai diskusi yang memikat ini.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button