Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Daerah

45 Anggota Panwaslu Kecamatan Bolmong Resmi Dilantik di Hotel Sutan Raja

Sebanyak 45 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi dilantik pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ruang pertemuan Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Acara pelantikan dimulai dengan pembacaan surat keputusan dan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit, didampingi oleh anggota Neila Montolalu dan Akim Edward Mokoagow, serta Korsek Bawaslu Wahyudi Rauf.

Ketua Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit, SE, menegaskan bahwa Panwaslu Kecamatan adalah garda terdepan dalam memastikan kelancaran dan kesuksesan Pilkada serentak, baik untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara maupun Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolmong pada tahun 2024.

“Saya yakin dan percaya, teman-teman Panwaslu Kecamatan yang dilantik hari ini adalah orang-orang terpilih yang siap mendedikasikan diri mereka untuk mensukseskan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024,” ujar Radikal.

Dia juga menekankan pentingnya bagi anggota Panwas Kecamatan untuk benar-benar memahami tugas mereka dan menjalankannya dengan profesionalisme, menjunjung tinggi kode etik, bersikap netral, dan menghindari konflik kepentingan yang bisa merusak citra demokrasi.

“Anggota Panwas Kecamatan harus selalu menjaga tiga hal ini: integritas, netralitas, dan kredibilitas,” tegasnya.

Radikal menambahkan, anggota Panwascam harus mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengawal suksesnya Pilkada serentak dengan berpedoman pada peraturan Bawaslu dan undang-undang kepemiluan.

Pada kesempatan yang sama, anggota Bawaslu Provinsi Sulut, Zulkifli Densi, mengimbau pentingnya memperkuat esensi kolektif kolegial dalam kelembagaan Bawaslu sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024.

“Untuk mensukseskan Pilkada serentak, seluruh jajaran Bawaslu dari tingkat atas hingga bawah harus memperkuat sistem kelembagaan internal yang lebih solid,” ujar Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Sulut tersebut.

Sebagai informasi tambahan, dari 45 anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik, 23 di antaranya merupakan hasil seleksi terbuka dari pendaftar umum atau pendaftar baru. Sedangkan 22 orang lainnya merupakan hasil seleksi dan evaluasi kinerja Panwaslu Existing yang diselenggarakan oleh Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan.

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat, termasuk Kabag Kesbangpol Bolaang Mongondow Kristofel Kitof Kamasaan, perwakilan dari Polres Bolmong, dan Ketua KPU Bolmong Afif Zufri.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button