✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

Media Network
Teknologi

Microsoft Berusaha Menawarkan Bing ke Apple pada 2018, Menurut Dokumen Pengadilan dari Google

Kisah di Balik Kedekatan Antara Raksasa Teknologi

Pada September, Bloomberg melaporkan bahwa Apple telah menjalin pembicaraan awal dengan Microsoft mengenai kemungkinan mengakuisisi Bing hingga tahun 2020. Dokumen pengadilan yang baru diungkap minggu ini membuka jendela ke dalam perbincangan akuisisi antara Apple dan Microsoft.

Seperti dilaporkan CNBC, dokumen-dokumen ini muncul sebagai bagian dari gugatan Departemen Kehakiman AS yang menuduh Google memiliki monopoli dalam industri pencarian web. Dalam dokumen yang diungkap pada Jumat, Google membela diri dengan menyatakan bahwa hubungan antara Microsoft dan Apple, termasuk pembicaraan tentang akuisisi, menunjukkan adanya “kompetisi” di industri pencarian.

Menurut dokumen-dokumen dari Google, Microsoft beberapa kali mengusulkan kepada Apple untuk menjadikan Bing sebagai mesin pencarian default di Safari, mulai dari tahun 2009 hingga 2020. Namun, setiap kali, Apple menolak kesempatan tersebut karena menilai kualitas pencarian yang lebih unggul dari Google.

“Dalam setiap kesempatan, Apple telah mempertimbangkan dengan seksama kualitas Bing dibandingkan dengan Google dan menyimpulkan bahwa Google tetap menjadi pilihan default yang lebih baik bagi pengguna Safari. Itulah yang dinamakan kompetisi,” kata Google.

Dalam dokumen tersebut, Google juga mencatat bahwa Microsoft menghubungi Apple pada tahun 2018 untuk memamerkan perbaikan yang telah dilakukan terhadap kualitas pencarian Bing. Microsoft berharap untuk menjual Bing kepada Apple atau membentuk usaha patungan terkait dengan Bing.

Ada pula komentar dari Eddy Cue, pemimpin layanan Apple, yang menyebutkan bahwa kualitas pencarian Bing dan investasi yang dilakukan Microsoft belum sebanding dengan yang dilakukan Google. Ini menjadi salah satu faktor mengapa pembicaraan mengenai akuisisi Bing tidak pernah berkembang lebih jauh.

Kemitraan antara Google dan Apple, di mana Google membayar Apple miliaran dolar untuk menjadi mesin pencarian default di perangkat Apple, juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pembicaraan tersebut. Sehingga, meskipun pembicaraan telah dilakukan, akuisisi Bing oleh Apple tetap menjadi sebatas pembicaraan awal.

Via
Tinta
Sumber
9to5mac

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button