Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Daerah

Ribuan Keluarga Antar Pelepasan CJH Tolitoli Menuju Tanah Suci

Tolitoli – Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, Moh. Asrul Bantilan, S. Sos., mengingatkan para Calon Jamaah Haji (CJH) untuk menjaga kesehatan, tetap kompak, dan saling membantu selama di Tanah Suci. Pesan ini disampaikan saat acara pelepasan CJH Kloter 12 Tahun 1445 H/2024 di Masjid Agung Al-Mubarak, Kelurahan Baru, Senin (27/05/2024) pukul 08.30 WITA.

Sekda Moh. Asrul Bantilan memberikan apresiasi atas kerja keras Panitia Pelaksana yang memastikan acara pelepasan CJH berlangsung aman dan lancar. Menunaikan Ibadah Haji adalah panggilan suci dan merupakan Rukun Islam kelima. Menjadi tamu Allah di Tanah Suci Makkah adalah berkah besar. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, ia mengucapkan selamat kepada para CJH yang telah terpilih dan diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Ia berharap para CJH dapat melaksanakan seluruh rangkaian haji dengan khusyuk, tertib, dan sesuai dengan syariat Islam.

Ribuan keluarga dan kerabat memadati halaman Masjid Agung Al-Mubarak untuk mengantar para CJH hingga pemberangkatan dengan armada transportasi darat. Di antara para CJH, terdapat dua jamaah termuda berusia 19 tahun dari Kecamatan Baolan dan yang tertua berusia 87 tahun dari Kecamatan Galang. Proses pemberangkatan CJH meliputi pelepasan di Kecamatan Baolan, istirahat dan makan siang di Kecamatan Dondo, serta transit di Desa Padumpu, Kecamatan Dampal Selatan untuk makan malam dan shalat berjamaah. Para jamaah akan disambut langsung oleh Bupati Tolitoli, Hi. Amran Hi. Yahya, di Balre Gotong Royong, kediaman Bupati Tolitoli.

Acara pelepasan CJH adalah agenda rutin dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, bersama Kementerian Agama dan PPIH Kabupaten Tolitoli. Acara tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Tolitoli, para asisten dan staf ahli Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli, para kepala perangkat daerah, pimpinan BUMN, BUMD, dan instansi vertikal, Camat Baolan, Ketua MUI Kabupaten Tolitoli, pengurus dan anggota IPHI Kabupaten Tolitoli, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, serta seluruh jamaah dan tamu undangan lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama sekaligus Ketua PPIH Kabupaten Tolitoli, Hi. Moh. Taslim, S. Ag, MM, melaporkan bahwa 218 jamaah haji telah terdaftar, dengan prioritas lansia sebanyak 12 orang dan cadangan 52 orang. Sebanyak 240 orang telah melakukan pelunasan, namun 5 orang di antaranya ditunda keberangkatannya karena tidak memenuhi persyaratan kesehatan. Sehingga, jumlah CJH yang diberangkatkan hari ini adalah 237 orang, termasuk dua pendamping dari Kementerian Agama Kecamatan Galang dan tenaga kesehatan. Dari jumlah tersebut, 156 jamaah adalah perempuan dan 81 laki-laki, berasal dari 9 kecamatan di Kabupaten Tolitoli. Ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli yang telah memfasilitasi armada transportasi darat untuk Kloter 12 Embarkasi Balikpapan.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button