Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Daerah

78 Calon Jamaah Haji Bolmong ke Tanah Suci Tahun 2024, Dilepas Pj Bupati

Selasa (14/5/2024), Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir. Limi Mokodompit, MM, resmi melepas 78 calon jamaah haji dari halaman Kantor Bupati. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Bolmong, Forkopimda, pimpinan OPD, staf ahli dan khusus Bupati, Ketua Bawaslu, serta para calon jamaah haji Bolmong.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bolmong, Hi. Shabri Bora, mengumumkan bahwa dari 78 calon jamaah haji, 52 orang adalah laki-laki dan 26 perempuan. “Jumlah calon jamaah haji se-Sulawesi Utara tahun ini adalah 713 orang, dengan Bolmong mengirimkan 78 orang. Ada satu calon yang sakit berat, semoga segera sembuh dan bisa diberangkatkan dalam kloter selanjutnya,” jelas Bora.

Para calon jamaah haji Bolmong akan diberangkatkan pada Kamis, 16 Mei 2024, dan menginap semalam di Asrama Haji Tuminting, Manado. Pada 18 Mei, mereka akan diberangkatkan dari Embarkasi Balikpapan menuju Arab Saudi. Bora menambahkan, “Tahun ini, prioritas diberikan pada kesehatan fisik calon jamaah haji dan pelunasan biaya haji. Semua 78 calon telah dinyatakan sehat oleh petugas kesehatan.”

Bora juga mengungkapkan rasa syukurnya karena sejak dipimpin oleh Penjabat Bupati Limi Mokodompit, APBD telah menganggarkan uang saku haji sebesar Rp 2,6 juta per jamaah. Pemprov juga menyerahkan uang saku sebesar Rp 3 juta per jamaah. “Ini adalah hasil perjuangan Pemkab Bolmong dan DPRD yang telah menerbitkan perda tentang biaya lokal jamaah haji,” kata Bora.

Bora berharap para calon jamaah haji Bolmong dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat. “Doakan tanah air kita lebih maju, dijauhkan dari musibah, dan pemangku kepentingan Bolmong diberi kesehatan untuk terus membangun daerah ini,” pesannya.

Penjabat Bupati Bolmong, Ir. Limi Mokodompit, MM, dalam pesannya meminta calon jamaah haji untuk menjaga kondisi fisik dan mental, mengikuti arahan petugas haji, dan menjaga citra daerah serta negara. “Perbanyak amalan sunah di Mekah dan Madinah. Semoga menjadi haji yang mabrur,” harap Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah telah menganggarkan uang saku dan berharap anggaran ini dapat meningkat di tahun-tahun mendatang. “Selamat menunaikan ibadah haji. Doakan daerah kita diberkahi, dijauhkan dari bencana, dan perselisihan. Semoga Bolmong menjadi daerah yang mandiri dan damai,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Kabag Kesra Setda Bolmong, Malpin Dako, menyatakan bahwa uang saku untuk calon jamaah haji adalah bentuk nyata dukungan dari Pj. Bupati Limi Mokodompit di tengah tingginya biaya haji. “Uang saku sebesar Rp 2,6 juta per jamaah akan diserahkan oleh Bupati,” ujarnya.

Calon jamaah haji tertua adalah Bondeng Binti Muhammad Saide (89 tahun) dari Desa Cempaka, Kecamatan Sangtombolang, sementara yang termuda adalah Evi Elvianingsih (26 tahun) dari Desa Diat, Kecamatan Lolak.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button