Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Daerah

Tradisi Adat Mopohabaru Sambut Lebaran 1445 H Disambut Ki Doni Pangulu

Bolmut (05/04/2024) – Dalam suasana menyambut Idul Fitri 1445 H, Penjabat Bupati Bolmut, Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev, yang lebih akrab disapa Ki Doni Pangulu, menjamu Prosesi Adat Mopohabaru/Mopotau di kediamannya, Desa Boroko, Kecamatan Kaidipang.

Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolmut telah memastikan beberapa hal penting. Salah satunya, penentuan 1 Syawal 1445 Hijriyah jatuh pada 10 April 2024, dan persiapan untuk Sholat Idul Fitri. Rencananya, Sholat Idul Fitri akan dilakukan di Masjid Agung Baiturrahman Boroko pukul 07.00 Wita, dengan Khatib Mimbar Hi. Muhammad Yusuf Dani Pontoh, S.Ag MH, Imam Yunus Rahman, dan Bilal Amir Lauma sebagai petugasnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bolmut mengucapkan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat atas informasi tentang Idul Fitri dan persiapan Sholat Idul Fitri.

Namun, penentuan 1 Syawal 1445 H masih menunggu pengumuman resmi dari Menteri Agama RI.

Rencananya, Malam Takbir Pemerintah Daerah akan diselenggarakan di Masjid Agung Baiturrahman Boroko, diikuti dengan takbiran di kediaman Pj Bupati Bolmut dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut. Begitu juga dengan Kecamatan dan Desa, mereka akan melaksanakan takbiran di masjid masing-masing.

Sebelumnya, telah dilaksanakan Khatam Quran untuk menyelesaikan kegiatan tadarus selama bulan suci Ramadhan 1445 H.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut, Ening Sutrisni Lasena Adam, S.ST, Kapolres Bolmut atau perwakilan, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut atau perwakilan, Pabung 1303 Bolmut, Sekretaris Daerah Bolmut, dr Jusnan C. Mokoginta Mars, Ketua DWP Bolmut, Drg. Firlia Mokoginta Mokoagow, Kepala Kemenag Bolmut yang diwakili, Ketua Aliansi Adat Bolmut, para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati Bolmut, Pimpinan Perangkat Daerah, Tokoh Adat, para Camat, dan Sangadi.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button