✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

Media Network
Daerah

Tradisi Ramadhan Bersemi: Prosesi Mopohabaru Meriahkan Kediaman Bupati

Dalam menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah, suasana meriah dan kental tradisi menghiasi kediaman Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara, Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev di Desa Boroko, Kecamatan Kaidipang. Aliansi Lembaga Adat Kabupaten mempersembahkan Prosesi Adat Mopohabaru/Mopotau, sebuah upacara yang sarat makna dan simbolisme.

Pj Bupati dengan hangat mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bulan Suci Ramadhan yang telah disampaikan oleh Aliansi Lembaga Adat Kabupaten. Namun, penentuan awal Ramadhan masih menunggu hasil Sidang Isbat 1 Ramadhan 1445 H yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI pada 10 Maret 2024 mendatang.

Tradisi yang telah menjadi bagian dari ritual tahunan, Pemerintah Daerah akan mengadakan Tadarus Al Quran di kediaman Pj Bupati dan Sekretaris Daerah, serta di tingkat Kecamatan dan Desa. Semangat kebersamaan dalam mempererat tali silaturahmi terus terjaga.

Setelah prosesi adat Mopohabaru selesai, suasana khidmat terasa dengan doa arwah, kultum, dan penyerahan santunan dari Baznas kabupaten. Kebersamaan tak hanya terbatas pada struktur pemerintahan, namun juga dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Ketua TP PKK Kabupaten Ening Sutrisni Lasena Adam, S.ST, serta tokoh agama, adat, dan masyarakat lainnya.

Kehadiran penuh makna juga tampak dari berbagai tokoh dan perwakilan, seperti Ketua DMI Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Kapolres Bolmut yang diwakili, Kajari Bolmut, Pabung 1303/BM di Boroko, serta para asisten, staf ahli bupati, staf khusus bupati, Pimpinan OPD, para Camat, dan Sangadi. Ini bukan hanya sekadar upacara, namun sebuah momentum berharga untuk memperkuat ikatan sosial dan spiritual di tengah-tengah masyarakat.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button