Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Politik

Seleksi Ketat Gerindra: 7 Bakal Calon Bupati dan 3 Wakil Bupati Buol Disodorkan ke DPP

Usulan 7 Bakal Calon (Balon) Bupati dan 3 Wakil Bupati Buol telah direkomendasikan oleh Badan Seleksi (Bansel) Pilkada Partai Gerindra, dan dalam waktu dekat nama-nama tersebut akan diajukan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi untuk maju di Pilkada Buol pada November mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Drs. Sofyan A. Yusuf, M.Si, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Buol, saat dihubungi suarautara.com.

Sofyan menjelaskan melalui pesan WhatsApp pada Rabu (3/7/2024) bahwa usulan 7 nama Balon Bupati dan Wakil Bupati tersebut telah diserahkan ke DPD pada tanggal 29 Juni, dan kemungkinan akan mengerucut menjadi 3 nama yang diusulkan ke DPP.

Menurut Sofyan, tahap pendaftaran dan pemaparan visi misi telah dilaksanakan sesuai instruksi DPP dan DPD, serta penetapan tersebut sudah sesuai dengan Keputusan Bansel Gerindra dengan Nomor surat SH-08/06-11/A/DPC-GERINDRA/2024. “Hasil pleno tersebut kami sampaikan dan serahkan kepada DPD untuk proses selanjutnya,” ujarnya.

Terkait nama-nama yang akan ditetapkan oleh DPD Gerindra Sulteng, Sofyan menyebut bahwa dari 10 Balon dan 3 Wakil tersebut, DPD akan menyeleksi kembali untuk menentukan kandidat yang diunggulkan. “Intinya, dari 10 kandidat nanti akan dilihat siapa yang pantas diusung berdasarkan visi, misi, dan program sesuai dengan standar Bansel, serta faktor pendukung lainnya seperti hasil survei, dukungan elemen, dan elektabilitas. Tiga nama yang bakal Calon Bupati yang diusulkan ke DPP sudah berpasangan,” jelas Sofyan.

Lebih lanjut, Sofyan menekankan bahwa “Partai Gerindra berkomitmen untuk mengutamakan kualitas dan kapasitas Calon Bupati dan Wakil Bupati agar kepemimpinan di Kabupaten Buol ke depan lebih baik lagi.”

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Buol, Lasalabi LM. Radjak, S.Sos, dalam berbagai kesempatan saat pelaksanaan tahapan pemaparan visi dan misi Balon Bupati mengatakan bahwa setelah DPC melalui Bansel merekomendasikan nama-nama ke DPD Gerindra Provinsi, akan dilakukan penyaringan atau seleksi kembali menjadi 3 Balon yang akan diajukan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi sebagai Balon Bupati Buol.

Diketahui sebelumnya, DPC Partai Gerindra Kabupaten Buol membuka pendaftaran selama 20 hari dari tanggal 27 Mei hingga 15 Juni 2024.

Dalam tahap pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Buol, terdaftar 10 Bakal Calon Bupati dan 3 Bakal Calon Wakil Bupati. Mereka adalah:

  1. H. Abdullah Batalipu, S.Sos., M.Si
  2. Nur Amin Saleh, S.Psi., MH
  3. dr. Sofyan Mailili, M.Kes
  4. Kol. Inf. Drs Sukrianto Puluhulawa, M.IP., M.Han
  5. Abd. Faisal Abd Pontoh, SE
  6. Dr. Muh Agris Dwiputra Amran Batalipu
  7. Syamsudin Kuntuamas
  8. Muhamad A. Singara, S.Ag
  9. Rusli Arif Umar
  10. Drs. Sofyan A. Jusuf, M.Si

Sementara untuk Wakil Bupati, terdaftar:

  1. Lasalabi LM. Radjak
  2. Ahmad Andimaka, S.Ag., M.Pd
  3. Drs. Muhammad

Pada tanggal 12-14 Juni 2024, Bansel Partai Gerindra melakukan tahapan pemaparan visi dan misi Bakal Calon Bupati Buol, di mana dari 10 nama yang terdaftar, hanya 7 orang yang mengikuti tahapan tersebut. Mereka adalah:

  1. H. Abdullah Batalipu, S.Sos., M.Si
  2. Nur Amin Saleh, S.Psi., MH
  3. dr. Sofyan Mailili, M.Kes
  4. Kol. Inf. Drs Sukrianto Puluhulawa, M.IP., M.Han
  5. Syamsudin Kuntuamas
  6. Rusli Arif Umar
  7. Drs. Sofyan A. Jusuf, M.Si

Pada tanggal 25 Juni 2024, Bansel Partai Gerindra mengadakan rapat pleno penetapan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati dan menetapkan 7 Bakal Calon Bupati dan 3 Wakil Bupati Buol. Dengan demikian, 7 nama yang mengikuti pemaparan visi misi dan 3 nama Wakil Bupati yang mendaftar dinyatakan memenuhi syarat.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button