Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Pemerintahan

Semangat Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Dorong Gerakan “Marijo Ba Posyandu”

01 Juni 2024 (Waktu.news), Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara, Dr. Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev, memimpin upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tingkat kabupaten tahun 2024 di halaman Kantor Bupati.

Pada momen tersebut, piagam apresiasi dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara diberikan kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bolmut.

Dalam amanat Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang disampaikan oleh Pj Bupati, dijelaskan bahwa 1 Juni 2024, adalah hari spesial di mana kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Pada hari ini, Bung Karno, sang Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) tahun 1945.

Mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, tema ini menggambarkan bagaimana Pancasila menyatukan kita dalam segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, untuk menuju 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Sebagai bangsa yang beragam, kita patut bersyukur bahwa Pancasila dan nilai-nilainya menjadi pemandu dalam kehidupan berbangsa, sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman kita adalah berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Kita juga harus bangga karena bangsa Indonesia telah terbukti dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Pemilihan Umum yang demokratis telah kita lalui dengan aman dan damai, demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi, serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Pj Bupati menambahkan bahwa Pemerintah Pusat dan daerah berkomitmen dalam Percepatan Penurunan Angka Stunting. Beberapa hari yang lalu hal ini telah dipaparkan di tingkat Provinsi.

Dengan semangat Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati menekankan pentingnya kerjasama dan usaha bersama dalam menurunkan angka stunting di kabupaten. Penurunan stunting bukan tugas satu pihak saja, melainkan membutuhkan gotong royong dan kerja keras dari semua elemen.

Sebagai bagian dari strategi penurunan angka stunting, Pj Bupati mengajak masyarakat untuk mendukung gerakan “Marijo Ba Posyandu”, yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam posyandu (pos pelayanan terpadu). Melalui posyandu, masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan, pemantauan gizi, dan pendidikan tentang pentingnya pola makan sehat bagi ibu hamil dan balita.

Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten, Ketua DMI Bolmut, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bupati, Pimpinan OPD, Kepala Perbankan, para camat, Dirut RS Pratama, serta ASN.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button