Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Olahraga

Shinji Kagawa, Kembali Bersinar dengan Gol-gol Menggelegar Lawan PSG!

Tinta.news | Ingat dengan sosok Shinji Kagawa? Sepuluh tahun sudah berlalu sejak momen cemerlangnya mengangkat trofi Liga Primer Inggris bersama Manchester United. Tapi lihatlah, kini ia kembali memukau dengan gol-gol dunia yang tak tergoyahkan dihadapan PSG.

Walaupun tak menjadi bintang saat Manchester United mengamankan gelar juara liga terakhir kali, jangan salah, perannya begitu penting. Musim debut di Old Trafford, ia menyumbang 17 pertandingan liga dengan enam gol gemilang – termasuk hat-trick mengesankan saat berhadapan dengan Norwich – serta tiga assist.

Ini sudah menjadi gelar juara liga Eropa ketiganya secara beruntun, berkilauan di tim Borussia Dortmund milik Jurgen Klopp. Ketika Sir Alex Ferguson memboyongnya dengan biaya £12 juta, harapan besar terletak padanya sebagai salah satu ekspor terbaik sepak bola Asia sepanjang masa.

“Tak terbayangkan waktu itu, saya bekerja sama dengan legenda. Kini saya mengerti betapa besar sosoknya. Sungguh, tahun pertama di Manchester United sangat menyenangkan. Trofi diraih, meskipun usaha besar datang dari Robin van Persie,” kenang Kagawa dalam wawancara bersama De Morgan mengenai masa-masa di Manchester.

“Transisi ke Inggris tak selalu mudah, dan kerap kali merasa ragu. Bahasa baru, sistem, pelatih, dan atmosfer yang berbeda harus dihadapi. Kepergian Ferguson di akhir musim pertama adalah sesuatu yang tak terduga.”

Namun, sayangnya, setelah musim 2012-13 yang baik secara keseluruhan, karier Kagawa terhenti. David Moyes kehilangan kepercayaan padanya, ia tak mampu mencatatkan gol dalam 27 penampilan di bawah asuhan Moyes ketika United merosot ke posisi terendah dalam sejarah Liga Primer.

Tak lama kemudian, Kagawa pulang ke Dortmund, di mana ia tampil hampir seratus kali dalam periode kedua bersama klub dan membawa pulang gelar DFB Pokal. Namun, sayangnya, dia tak bisa menyamai kesuksesan sebelumnya – terutama setelah kepergian Klopp.

Berikutnya adalah masa-masa kelana. Seperti kisah pemain yang terus berpindah klub. Dipinjamkan ke Besiktas. Melanglang buana di divisi kedua Spanyol bersama Real Zaragoza. Delapan belas bulan kurang mengesankan dengan PAOK dan singgah sejenak di Belgia bersama Sint-Truidense, sebelum akhirnya pulang ke Jepang awal tahun ini untuk kembali bergabung dengan klub masa kecilnya, Cerezo Osaka, pada usia 33 tahun.

Kini, ia menunjukkan eksistensinya dengan tendangan memikat hati, menciptakan gol kemenangan dalam kemenangan 3-2 dalam pertandingan persahabatan melawan PSG.

Akio Kogiku, orang yang menemukannya sebagai remaja dan memulai karier profesionalnya, kini menjadi pelatihnya. Kagawa kini menjadi salah satu pemimpin berpengalaman di ruang ganti Cerezo, setelah sebelumnya menjadi bintang muda bersemangat.

“Dalam diri saya, ada keinginan kuat untuk terus berkembang. Saya akan menunjukkan segala kemampuan saya di atas lapangan,” ucap Kagawa saat kembali ke Cerezo.

“Setiap hari, saya membayangkan bagaimana saya bisa menciptakan hal-hal baru dengan bergabung di sini.”

Gol cantik Kagawa yang melengkung melewati Gianluigi Donnarumma mungkin saja menjadi mimpi-mimpinya – walaupun dalam pertandingan persahabatan, namun gol itu menegaskan bahwa kualitasnya tetap tak tergoyahkan. (tn)

Mahar 900 miliar! Ousmane Dembele Siap Bergabung dengan PSG!

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button