Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Olahraga

Belanda Cemerlang, Patahkan Impian Irlandia dalam Kualifikasi Euro

Tinta.news | Dalam pertarungan sengit kualifikasi Grup B Kejuaraan Eropa, Belanda memperlihatkan ketangguhan mereka dengan mengatasi Republik Irlandia 2-1. Penentu kemenangan datang dari aksi heroik Wout Weghorst yang masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Irlandia memimpin terlebih dahulu setelah hanya empat menit berlalu ketika Adam Idah sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti. Namun, Belanda segera merespons dengan sukses mengkonversi penalti mereka sendiri melalui tendangan Cody Gakpo pada menit ke-19.

Weghorst, sang penyelamat, mencetak gol kemenangan bagi Belanda pada menit ke-56, mengangkat posisi mereka ke peringkat kedua dalam klasemen dengan sembilan poin. Meski masih terpaut enam poin dari pemuncak klasemen, Prancis, Belanda memiliki satu pertandingan yang tertunda. Sementara itu, Yunani juga mengemas sembilan poin setelah menggilas Gibraltar 5-0 dalam pertandingan lainnya pada hari Minggu.

Kekalahan ini menjadikan nasib Irlandia semakin suram dalam kualifikasi Euro. Mereka telah kalah dalam empat dari lima pertandingan kualifikasi mereka, dengan peluang sangat kecil untuk melaju ke babak final di Jerman tahun depan. Selain itu, masa depan pelatih mereka, Stephen Kenny, pun dipertanyakan.

Pada menit pertama yang dramatis, sebuah kesalahan defensif yang mengerikan memberikan peluang kepada Chiedozie Ogbene untuk membawa Irlandia unggul, namun kebingungannya membuat usahanya terblokir.

Hanya dua menit kemudian, kapten Belanda, Virgil van Dijk, membuat kesalahan fatal dengan memberikan penalti kepada lawan setelah terjadinya handball yang ceroboh ketika mencoba membersihkan bola dari sepak pojok. Idah sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo dan membawa Irlandia memimpin.

Kemudian, pada menit ke-13, Irlandia hampir menggandakan keunggulan mereka, tetapi Shane Duffy gagal memanfaatkan peluang dengan sundulan di dekat tiang gawang setelah umpan silang dari Ogbene.

Belanda tidak tinggal diam. Pada menit ke-18, Denzel Dumfries membawa perubahan dengan memecah pertahanan Irlandia dan membuat kiper Irlandia, Gavin Bazunu, melakukan pelanggaran. Gakpo yang bertugas sebagai algojo, menjalankan penalti dengan gemilang dan melesatkan bola tepat di luar jangkauan kiper.

Meskipun Bazunu melakukan dua penyelamatan penting dari Donyell Malen sebelum jeda, dia tak berdaya menghadapi aksi brilian Weghorst, yang masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua. Weghorst mencetak gol dengan menyambut umpan Dumfries dengan satu sentuhan yang memukau dari jarak dekat.

Dumfries, yang sebelumnya sudah memberikan tiga assist dalam kemenangan Belanda atas Yunani di Eindhoven pekan lalu, sekali lagi menjadi pahlawan dalam kemenangan mereka pada hari Minggu.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button