✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

Media Network
Nusantara

Tiga Pintu, Satu Jalan: Dinamika CASN 2024!

Dalam sebuah pengumuman yang menggetarkan, Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto, dengan tegas menyatakan bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun emas bagi para calon aparatur sipil negara (CASN). Tidak tanggung-tanggung, Haryomo menegaskan bahwa peluang akan terbuka sebanyak tiga kali! Namun, di tengah kegembiraan, ada satu aturan yang harus dipegang teguh: hanya satu kesempatan yang bisa diambil dalam satu tahun.

“Dilarang keras untuk mencoba-coba! Jika kau tidak melewati tahap pertama, jangan berharap untuk muncul di tahap berikutnya. Itu adalah peraturan yang tak boleh dilanggar,” tegas Haryomo di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, dalam pernyataannya yang disampaikan pada Kamis (20/3/2024).

Menurut sumber terpercaya, petualangan CASN akan dimulai dengan seleksi CPNS untuk sekolah kedinasan pada bulan April. Bulan berikutnya, yakni Juni, panggung akan disiapkan untuk CPNS dan PPPK di instansi pusat. Dan akhirnya, bulan September akan menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk CPNS dan PPPK di instansi pemerintah daerah.

Pemerintah sendiri telah menetapkan target besar untuk membuka pintu kesempatan CASN tahun ini, mencapai 2,3 juta orang! Dari jumlah yang fantastis tersebut, sekitar 690.822 posisi akan diperuntukkan bagi para lulusan baru yang bersemangat mengawali karirnya. Sementara, lebih dari 1,6 juta posisi akan dialokasikan untuk PPPK.

Jika merinci lebih lanjut, untuk instansi pusat, kebutuhan akan tenaga mencapai 429.183 orang, dengan pembagian yang jelas antara 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK. Sementara, di instansi daerah, formasi yang dibutuhkan mencapai 1.867.333 orang, dengan rincian 483.575 formasi untuk CPNS dan 1.383.758 formasi untuk PPPK. Dan tentu saja, jangan lupakan formasi untuk sekolah kedinasan, yang tersebar di 6.027 sekolah!

Dengan kesempatan sebanyak ini, siapa yang tidak akan merasakan kegembiraan dan haru biru? Dengan segala persiapan dan semangat, mari bersiap untuk memasuki dunia baru sebagai bagian dari jaringan pelayanan publik yang hebat!

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button