✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

Media Network
Khazanah

Bergemuruhnya Senja: Meriam Iftar di Sharjah untuk Ramadan yang Penuh Berkah

Di tengah senja yang indah, suara meriam bergemuruh menandai akhir harinya puasa. Ini bukanlah adegan dari film epik, tapi ritual harian yang dijalani oleh banyak negara Muslim di seluruh dunia.

Polisi Sharjah telah memilih dengan hati-hati lima tempat istimewa di emirat ini untuk menempatkan meriam kuno yang akan membahana ketika senja melingkupinya, memberi tahu semua orang bahwa saatnya iftar telah tiba—saat berbuka puasa di bulan Ramadan yang dinantikan.

Saat senja mengalir dan waktu menunjukkan sekitar pukul 6.30 sore di Sharjah, meriam itu bersiap untuk meledakkan suara gemuruhnya, mengusik ketenangan senja dengan sinyal yang meriah.

Dikatakan bahwa ritual penembakan meriam untuk mengumumkan iftar bukanlah hal asing di beberapa negara Arab dan Muslim. Tidak hanya umat Muslim, bahkan orang-orang dari berbagai keyakinan berkumpul di lokasi-lokasi penembakan untuk menyaksikan momen yang sakral ini.

Di Sharjah, penembakan meriam ini bukanlah hanya sekadar ritual, tetapi sebuah peristiwa yang dinantikan, ditonton oleh banyak orang baik di rumah maupun di tempat penembakan itu sendiri melalui siaran langsung di TV Sharjah. Bagi yang jauh dari tanah air, panggilan telepon untuk menikmati momen ini bersama keluarga tercinta adalah hal yang tidak terhindarkan.

Namun, dalam kegemparan peristiwa ini, Polisi Sharjah mengingatkan agar para pengunjung tidak memarkir kendaraan mereka di tengah jalan, mengingatkan akan potensi kemacetan yang bisa terjadi. Sebab momen indah ini layak dinikmati tanpa gangguan, dalam kedamaian senja yang disajikan oleh kota yang selalu bersemangat ini.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button