✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

Media Network
Kesehatan

Mengungkap Misteri Suplemen Jantung: Pilih yang Terbaik, Hindari yang Buruk

Jantung adalah motor penting kehidupan kita. Kita semua ingin menjaganya tetap sehat. Tetapi, mungkin sulit untuk mengetahui suplemen mana yang benar-benar membantu dan yang sebaiknya dihindari.

Dr. Laura Fornos Verde, seorang ahli jantung berpengalaman, membagikan wawasan berharganya. Dia menekankan bahwa, meskipun penting, tidak semua suplemen bermanfaat bagi jantung kita. “Banyak penelitian telah dilakukan, tetapi hasilnya masih diragukan,” katanya.

Jadi, mana yang baik dan mana yang sebaiknya dihindari?

Yang Terbaik: Coenzyme Q10

Coenzyme Q10, atau CoQ10, mungkin bukan penyelamat jantung, tetapi memiliki kelebihan. Menurut Dr. Verde, ini bisa membantu mengurangi gejala nyeri otot yang terkait dengan penggunaan statin, obat penurun kolesterol. “Saya melihat keberhasilannya pada beberapa pasien,” katanya.

Namun, ingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen apapun.

Yang Terbaik: Omega-3

Omega-3 adalah pilihan yang pasti untuk jantung Anda. Mereka telah diakui oleh American Heart Association sebagai pelindung jantung yang baik. Dr. Alyson Kelley-Hedgepeth merekomendasikan asupan ikan kaya Omega-3 sebagai sumber utama, tetapi suplemen juga bisa menjadi pilihan bagus.

Yang Terburuk: Beras Kecambah Merah

Red yeast rice mungkin terdengar menarik, tetapi perlu hati-hati. “Tidak semua produk sama,” kata Dr. Pieter Cohen. “Beberapa bisa menjadi risiko bagi mereka yang sudah menggunakan obat lain.”

Yang Terburuk: Suplemen Bawang Putih

Suplemen bawang putih bisa terdengar menarik untuk menurunkan kolesterol, tetapi efektivitasnya masih diragukan. Lebih buruk lagi, mereka bisa berinteraksi dengan obat-obatan lain yang Anda konsumsi.

Jadi, apa kesimpulannya? Memang ada suplemen yang baik untuk jantung Anda, tetapi selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai suplemen baru. Ingatlah, kesehatan jantung Anda adalah prioritas nomor satu!

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button