✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

Media Network
Kesehatan

Peningkatan Kesehatan ala Ginseng: 5 Manfaat Tak Terduga Suplemen Ginseng

Ginseng Asia—jangan sampai tertukar dengan varietas seperti ginseng Amerika, ginseng Siberia, atau Panax notoginseng—merupakan ramuan yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Kini, penelitian modern membantu mengungkapkan manfaat di balik banyak penggunaan historisnya. Meskipun tidak disarankan untuk mengonsumsi suplemen dengan tujuan mengobati penyakit—sebab secara definisi, suplemen tersebut belum terbukti dapat melakukan hal tersebut, atau jika sudah, tentu akan diklasifikasikan sebagai obat—mengonsumsi ginseng dapat memberikan manfaat kesehatan yang mengejutkan.

Penuh dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng terkait dengan penurunan tingkat penyakit kronis serta pengurangan berbagai gejala. Penasaran dengan manfaat apa yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi dosis ginseng setiap hari?

Berikut adalah lima manfaat mengejutkan dari suplemen ginseng yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengonsumsi suplemen ginseng Asia setiap hari diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melawan infeksi pernapasan virus seperti pilek dan flu.

Menurut sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules, ginseng tidak hanya dapat meningkatkan jumlah sel kekebalan tubuh dalam tubuh tetapi juga meningkatkan efektivitas vaksin flu.

2. Meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi dosis ginseng setiap hari bisa membawa manfaat bagi kesehatan jantung Anda.

“Baik hasil in vitro maupun in vivo menunjukkan bahwa ginseng memiliki efek positif potensial pada penyakit jantung melalui berbagai sifatnya termasuk antioksidasi, pengurangan perlekatan trombosit, regulasi vasomotor, peningkatan profil lipid, dan pengaruh pada berbagai saluran ion,” demikian menurut sebuah studi tahun 2014 dalam Journal of Ginseng Research.

3. Meningkatkan diabetes tipe 2 Anda

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules menemukan bahwa ginseng dapat “efektif dan aman sebagai pengobatan tambahan dalam pengelolaan diabetes tipe 2.” Namun, para peneliti mencatat bahwa itu “tidak memiliki dampak signifikan pada pra-diabetes atau orang dewasa sehat.”

4. Menurunkan risiko kanker Anda

Beberapa penelitian juga menyarankan bahwa ginseng dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena beberapa jenis kanker.

5. Meningkatkan disfungsi seksual pada pria

Suplemen ginseng diyakini dapat memperbaiki gejala disfungsi seksual pada pria. Menurut sebuah meta-analisis tahun 2008 yang diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmacology, ginseng merah Korea dapat memperbaiki disfungsi ereksi lebih baik daripada plasebo.

Namun, tetap perlu dicatat bahwa keberadaan penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengkonfirmasi manfaat ginseng dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button