Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Internasional

Ketakutan LGBT Menguat di Malaysia: Ketika Islamis Mengguncang Harapan Reformasi

Tinta.news | Cerita bermula dengan seorang seniman bernama Carmen Rose yang dulu sering menghibur di panggung-panggung Malaysia. Namun, tahun lalu, penggerebekan oleh polisi menghentikan aksinya sebagai drag queen veteran, dan ini pun memicu kekhawatiran komunitas LGBT. Semua ini terjadi pada saat kaum Islamis semakin mendominasi panggung politik.

Sejak penggerebekan itu, Rose berhenti tampil dan jarang sekali tampil di depan umum dengan kostumnya. “Selalu ada risiko ketika keluar berdrag. Jika terjadi penggerebekan, ke siapa kami harus meminta bantuan? Apakah kami harus membawa pakaian ‘laki-laki’ sebagai cadangan?” ungkap Rose, yang menolak untuk mengungkapkan identitasnya sebagai Carmen Rose karena khawatir akan balasan negatif. “Mereka melihat kami sebagai penyimpang seksual atau pelaku dosa.”

Masyarakat LGBT dan kelompok hak asasi manusia memberi tahu Reuters bahwa komunitas LGBT menghadapi peningkatan pengawasan dan diskriminasi di bawah pemerintahan Perdana Menteri Anwar Ibrahim, meskipun Anwar dikenal sebagai reformis progresif.

Para analis mengatakan bahwa Anwar, yang baru saja memegang jabatan setelah pemilihan umum pada November, merasa terdorong untuk memperkuat kredensial Islami di tengah mayoritas Muslim, menghadapi oposisi ultra-konservatif yang semakin berpengaruh sejak pemilihan.

Blok oposisi Malaysia termasuk partai Islam PAS, yang menganut tafsiran ketat hukum syariah dan menentang hak LGBTQ. Partai ini kini memiliki kursi terbanyak di parlemen untuk pertama kalinya, dan keberhasilannya dalam pemilihan di negara bagian bulan lalu semakin memperkuat pengaruh politiknya.

Seorang anggota parlemen PAS baru-baru ini menyebut orang LGBT sebagai “orang yang sakit mental”. Pemimpin PAS lainnya bahkan meminta pemerintah membatalkan konser Coldplay karena band tersebut mendukung hak-hak LGBT.

“Anwar merasa tidak stabil secara politik, sehingga ia merasa perlu untuk lebih ‘Islam’ daripada pihak lain,” kata James Chin, seorang analis politik di Universitas Tasmania, Australia.

Homoseksualitas merupakan tindakan yang melanggar hukum di Malaysia, yang juga menerapkan hukum syariah yang melarang tindakan sesama jenis dan berpakaian secara berlawanan dengan jenis kelamin. Meskipun demikian, Malaysia adalah sebuah negara yang multi-etnis dan multi-agama dengan sistem hukum ganda, di mana hukum Islam untuk Muslim berjalan beriringan dengan hukum sipil.

Walaupun Anwar tidak pernah secara terbuka mendukung hak LGBT, aktivis berharap bahwa ia akan menunjukkan lebih banyak toleransi mengingat ia telah memperjuangkan masyarakat inklusif selama 25 tahun di dalam oposisi.

“Ada harapan ketika Anwar berkuasa bahwa agenda reformasi akan lebih ditekankan,” ujar Dhia Rezki Rohaizad, wakil presiden JEJAKA, sebuah organisasi yang mendukung pria gay, biseksual, dan queer.

“Namun, nyatanya, hal tersebut belum terjadi. Paling tidak, kami berharap dibiarkan saja, daripada dianiaya secara aktif.”

Dalam tahun ini, Anwar berjanji bahwa Malaysia tidak akan pernah mengakui hak LGBT.

Pemerintahannya melarang buku-buku yang “mempromosikan gaya hidup LGBT”, menangkap para demonstran yang mendukung hak queer, dan menyita jam tangan bertema Pride buatan perusahaan jam tangan Swiss, Swatch.

Bulan lalu, festival musik dihentikan oleh pihak berwenang, setelah penyanyi utama band pop Inggris, The 1975, mencium seorang anggota band pria di atas panggung dan mengkritik undang-undang anti-LGBT di Malaysia.

Dalam respons terhadap posisi pemerintah mengenai hak LGBT, juru bicara pemerintah dan menteri komunikasi Fahmi Fadzil mengatakan kepada Reuters: “Apa pun yang diucapkan oleh perdana menteri adalah posisi resmi pemerintah.”

Beberapa analis mengatakan bahwa sikap tanpa kompromi Anwar mengenai hak LGBT mungkin berasal dari keinginannya untuk menghilangkan keraguan mengenai orientasi seksualnya sendiri yang muncul setelah ia dipenjara hampir satu dekade karena sodomi. Meskipun Anwar telah berulang kali mengatakan bahwa tuduhan tersebut dibuat-buat dan memiliki motif politik, beberapa lawan politik masih mempertanyakan nilai-nilai Islamnya.

Aktivis melaporkan bahwa pelecehan online dan ancaman kematian terhadap warga LGBT Malaysia semakin marak di media sosial, sementara polisi menyamar sering kali hadir dalam acara-acara yang ramah terhadap LGBTQ. Banyak kelompok kini memastikan bahwa ada pengacara yang siap jika terjadi penggerebekan dalam acara-acara semacam itu.

Thilaga Sulathireh, pendiri kelompok advokasi LGBT bernama Justice for Sisters, mengatakan penolakan pemerintah terhadap warga LGBTMalaysia sebenarnya merupakan pelanggaran hak asasi manusia.

“Keputusan ini telah memberi keberanian kepada kalangan konservatif dan sayap kanan, hal ini memungkinkan diskriminasi dan kekerasan terhadap orang-orang LGBT terjadi tanpa ada hukuman,” ujar Sulathireh, yang menggunakan kata ganti they/mereka.

Justice for Sisters kini semakin sering menerima permintaan bantuan dari warga LGBT Malaysia yang mencari suaka di negara lain. Mereka juga menyebutkan bahwa komunitas ini semakin banyak menerapkan penyensoran diri demi tetap tidak terdeteksi oleh pihak yang berwenang.

Sementara itu, Carmen Rose, si drag queen, mengatakan bahwa ia membatalkan pertunjukan tahun ini, takut akan penggerebekan yang lebih keras lagi. Ia kadang-kadang masih tampil di Singapura, dan sekarang ia tengah mempertimbangkan untuk meninggalkan Malaysia.

“Ini bukanlah pelarian. Saya hanya merasa lelah, dan saya juga harus memikirkan diri saya dan kebahagiaan pribadi saya,” tuturnya dengan tulus.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button