Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Teknologi

OpenAI Absen, Tapi Gebrakan Kecerdasan Buatan Menggema di Pameran CES 2024

Tinta.news | Meskipun bos OpenAI, Sam Altman, tidak akan tampil di CES di Las Vegas pekan depan, namun demam kecerdasan buatan yang disulut oleh startup ini tahun lalu akan tampil memukau, dengan para produsen berlomba menemukan cara konsumen memanfaatkan teknologi ini.

Dari perangkat untuk penyandang cacat visual, sistem keamanan yang melibatkan senjata di sekolah, hingga perangkat lunak pengenalan wajah yang dapat menilai vital, dan sistem pemantauan kabin di dalam mobil otonom, puluhan perusahaan siap mengumumkan inovasinya di pameran tersebut tentang bagaimana mereka menyematkan kecerdasan buatan ke dalam gadget-gadget mereka.

Meski Altman tidak hadir secara fisik, pengaruh OpenAI di pameran ini mengingatkan pada gaya Apple dan Steve Jobs, yang kehadirannya tak terbantahkan meskipun sering menghindari pameran, dengan banyak perusahaan berlomba-lomba menampilkan produk yang kompatibel dengan desain elegan perusahaan tersebut.

Altman dianggap sebagai ikon dalam kegilaan kecerdasan buatan yang merajalela dalam industri teknologi tahun lalu. Namanya mencuat pada November ketika ia sementara dipecat oleh dewan OpenAI, dan dipulihkan setelah lebih dari 700 karyawan mengancam akan berhenti dan bergabung dengan investor OpenAI, Microsoft (MSFT.O), sebagai bentuk solidaritas.

Selain proyek-proyek lainnya, OpenAI juga tengah menggarap proyek perangkat keras kecerdasan buatan yang rahasia bersama desainer terkenal mantan Apple, Jony Ive, menurut laporan media.

Dana untuk proyek-proyek kecerdasan buatan generatif melonjak lebih dari lima kali lipat menjadi $23,78 miliar hingga awal Desember dari tahun 2022, menurut data PitchBook.

“Ini adalah tahun kecerdasan buatan di segala hal,” ungkap Maribel Lopez, analis teknologi di Lopez Research. “Jika produk Anda belum mengadopsi kecerdasan buatan, lebih baik tidak tampil, karena itu bukan hal yang sepadan untuk dibicarakan.”

Bosch dari Jerman diharapkan akan memamerkan sistem pendeteksian senjata yang hampir tak terlihat, menggabungkan video dan kecerdasan buatan audio untuk meningkatkan keamanan proaktif di sekolah. NEC dari Jepang (6701.T) akan menghadirkan perangkat lunak kecerdasan buatan yang memungkinkan perangkat seluler menganalisis pola wajah dan kondisi pupil untuk memperkirakan kesehatan dan kondisi mental manusia.

Banyak perusahaan juga akan menampilkan bagaimana penggunaan kecerdasan buatan dalam kendaraan membuatnya lebih responsif dan aman bagi pengemudi melalui asisten virtual yang lebih baik dan pemantauan kabin yang canggih.

Fokus baru bagi produsen otomotif, setelah bertahun-tahun berinvestasi dalam teknologi otonom yang menggunakan kecerdasan buatan, adalah teknologi yang memungkinkan pengalaman “hiper personal” saat pembelian dan pengemudian mobil. Ini adalah langkah untuk “menghadirkan pengalaman pelanggan yang dapat benar-benar membedakan di pasar,” kata Akash Arora, manajer direktur di Boston Consulting Group.

Sebagai contoh, Cerence (CRNC.O), pembuat asisten virtual berbasis kecerdasan buatan, akan mengumumkan kemitraan dengan Volkswagen (VOWG_p.DE), dan perusahaan berbasis Israel, Cipia (CPIA.TA), akan meluncurkan sistem yang memonitor tanda-tanda gangguan dan kantuk pada pengemudi. Amazon.com (AMZN.O) mengatakan akan mengumumkan kemitraan kecerdasan buatan dengan BMW (BMWG.DE), namun menolak memberikan rincian sebelum pameran.

Banyak produsen otomotif juga mengadopsi kecerdasan buatan dalam berbagai tahap produksi. (red/reuters)

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button