Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Otomotif

Francesco Bagnaia Geram dengan Batasan Ducati di MotoGP 2024

Tinta.news – Pebalap dunia MotoGP bertahan, Francesco Bagnaia, angkat bicara dengan penuh keheranan terkait kebijakan pembatasan yang diterapkan pada Ducati dalam peraturan kontraktor baru.

MotoGP memperkenalkan sistem kontraktor baru untuk tahun 2024, dengan harapan memberikan kesempatan kepada Yamaha dan Honda untuk meningkatkan performa mereka setelah musim 2023 yang sulit.

Yamaha dan Honda menjadi yang paling diuntungkan, diberikan keleluasaan seperti uji coba tanpa batas, pengembangan mesin, dan aerodinamika tanpa pembatasan.

Ducati justru merasakan dampak paling besar, dengan pembatasan pada ban uji coba, uji coba pribadi, pengembangan mesin, dan larangan menurunkan pembalap wildcard.

Meski Bagnaia setuju dengan pemberian kelonggaran, ia merasa tak ada alasan untuk mengubah aturan bagi Ducati di luar regulasi yang sudah berlaku, yang sebelumnya melarang mereka menguji dalam musim dengan pembalap, menghentikan pengembangan mesin dalam musim, dan membatasi satu pembaruan aerodinamika setiap tahun.

“Pastinya, memiliki lebih banyak uji coba… mereka [Yamaha dan Honda] akan memulai di Malaysia dengan tiga hari lebih banyak,” ungkap Bagnaia dalam peluncuran Ducati 2024 pada hari Senin. “Kemudian, mereka dapat melakukan uji coba di mana saja. Jadi, menurut saya, itu akan menjadi langkah besar bagi mereka.

“Meskipun mereka membutuhkannya, menurut saya, kontraktor untuk Ducati seharusnya tidak mengalami perubahan. Menurut saya, Ducati seharusnya tetap pada aturan yang sama tanpa mengurangi hari uji coba, jumlah ban, atau pembalap wildcard.

“Saya bingung karena kelonggaran bagi yang lain begitu besar, terutama untuk Honda dan Yamaha. Bagi mereka, ini keuntungan besar.”

Pada hari Sabtu, Gresini Racing mengungkap livery untuk musim 2024, yang akan dikendarai oleh Marc Marquez setelah bintang delapan kali juara dunia beralih dari Honda akhir tahun lalu.

Setelah tampil impresif dengan Ducati dalam uji coba pasca-musim di Valencia pada November lalu, di mana ia hanya terpaut 0,171 detik dari yang tercepat di posisi keempat, Marquez diprediksi akan membawa perubahan dalam persaingan di kubu Ducati.

Namun, Bagnaia merendahkan ancaman Marquez dengan mengatakan, “Saya rasa banyak pembalap yang sangat kompetitif untuk musim ini.

“Sepeda 2023 yang akan digunakan olehnya adalah sepeda pemenang dan pasti lebih baik daripada yang ia gunakan musim lalu. Jadi, mari kita lihat saja.” (red)

Sumber: autosport

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button