✨ Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1445 H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

Media Network
Kesehatan

Tips Sehat Ramadan: Rahasia Tetap Bertenaga Selama Puasa

Bulan suci telah tiba, dan umat Muslim di seluruh dunia memasuki periode puasa, ibadah, dan introspeksi. Bagi mereka yang berpuasa, menjaga kesehatan dan semangat selama Ramadan menjadi sangat penting. Kami telah berbincang dengan para ahli medis untuk mendapatkan tips unik agar Anda tetap sehat dan bertenaga sepanjang bulan suci ini.

Menata Waktu Makan dengan Seimbang

Salah satu kunci menjaga kesehatan selama Ramadan adalah dengan menata waktu makan secara seimbang. Dr. Riyaz Usman, seorang Praktisi Umum di Aster Clinic, menekankan pentingnya menyusun jadwal makan dengan bijaksana di luar jam berpuasa. “Atur jadwal makan Anda dengan bijak di luar jam berpuasa untuk memastikan energi terus terjaga sepanjang hari. Pertimbangkan untuk makan lebih sering dalam porsi kecil agar terhindar dari makan berlebihan dan meningkatkan pencernaan.”

Hidrasi dan Nutrisi yang Adekuat

Hidrasi dan nutrisi yang mencukupi memegang peranan kunci dalam menjaga tingkat energi selama Ramadan. Dr. Joana Coelho, Konsultan Kedokteran Keluarga di Burjeel Hospital for Advanced Surgery, Dubai, menyoroti pentingnya hidrasi. “Kehidratan sangat penting, terutama ketika Anda menahan diri dari minuman selama siang hari,” katanya. “Minumlah banyak air antara berbuka dan sahur, serta pilihlah makanan yang tinggi kandungan airnya seperti buah-buahan dan sayuran.”

Aktivitas Fisik yang Terjaga

Menjaga aktivitas fisik selama berpuasa bisa menjadi tantangan. Dr. Usman menyarankan, “Meskipun berolahraga intensif selama berpuasa mungkin sulit, tetapi aktivitas fisik ringan seperti berjalan atau peregangan bisa membantu menjaga energi Anda.”

Menangani Kondisi Kesehatan yang Ada

Bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes atau hipertensi, perhatian khusus diperlukan dalam menjaga kesehatan selama Ramadan. Dr. Coelho menyarankan, “Bekerjasama dengan dokter untuk merancang rencana personal Anda. Pantau kadar gula darah secara teratur, sesuaikan dosis obat jika diperlukan, dan perhatikan pilihan makanan Anda.”

Mendengarkan Sinyal Tubuh

Sangat penting untuk mendengarkan sinyal tubuh dan menyesuaikan pola makan dan puasa Anda sesuai kebutuhan. Dr. Usman memperingatkan, “Jika Anda merasa sangat lelah atau tidak sehat, jangan ragu untuk memutuskan puasa Anda dan prioritaskan kesehatan Anda.”

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjalani Ramadan dengan sehat dan bertenaga. Perhatikan waktu makan, kecukupan hidrasi, aktivitas fisik, pengelolaan kondisi kesehatan, dan selalu mendengarkan tubuh Anda untuk memastikan pengalaman Ramadan yang bermakna dan sehat.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button