Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Daerah

Mandi Safar 1445 H: Bupati Bolmut Ajak Seluruh Komunitas dalam Upacara Perlindungan Alam

Boroko (13/09/2023), Tinta.news | Di tepi damai Bendungan Desa Busato, Kecamatan Pinogaluman, Bupati Bolmut, Drs. Hi. Depri Pontoh, dan Wakil Bupati Bolmut, Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, berdiri bersama dalam sebuah upacara yang kaya akan makna. Mereka menghadiri Kegiatan Ritual Adat Mandi Safar 1445 Hijriyah / 2023 Masehi, suatu tradisi yang telah diwariskan dari leluhur dan masih terus dijaga oleh masyarakat Bolaang Mongondow Utara.

Mandi Safar bukanlah sembarang ritual. Ini adalah bentuk permohonan doa kepada Yang Maha Kuasa untuk melindungi alam dan isinya dari malapetaka serta bencana. Upacara ini bermaksud untuk menggantikan ketakutan dengan berkah, menjaga daerah dan warganya dari bahaya yang mengancam. Ini adalah doa harapan bersama untuk menjauhkan segala musibah dari tanah kita.

Upacara yang dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, serta unsur TNI/Polri, adalah bukti nyata bagaimana kepercayaan dan budaya lokal tetap hidup dan terpelihara dalam menghormati alam dan menjaga keselamatan masyarakat. Kehadiran mereka di sini adalah simbol solidaritas untuk menjaga dan melindungi daerah ini. Dalam suatu doa bersama, mereka berharap agar alam ini selalu diberkahi dan dijauhkan dari segala malapetaka. Amin Ya Rabbilalamin. (red)

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button