Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Daerah

Pj. Wali Kota Kotamobagu Berjuang untuk Rehabilitasi Stadion Gelora Ambang

Stadion Gelora Ambang di Kota Kotamobagu, yang pernah menjadi simbol kejayaan sepak bola di Bolaang Mongondow Raya (BMR), kini menghadapi masa-masa sulit.

Dulu, saat BMR masih berupa satu kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Marlina Moha Siahaan, stadion ini adalah markas bagi Persibom (Persatuan Sepak Bola Bolaang Mongondow), yang berlaga di Divisi I.

Namun, setelah Kabupaten Bolaang Mongondow dimekarkan menjadi lima kabupaten/kota, pamor sepak bola di BMR mulai meredup. Kondisi semakin memprihatinkan dengan terbengkalainya Stadion Gelora Ambang, yang dulu menjadi kebanggaan warga BMR.

Dalam upaya mengembalikan kejayaan tersebut, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Jumat, 21 Juni 2024. Pertemuan di Kantor Kemenpora, Jakarta, ini membahas proposal pembangunan kembali Stadion Gelora Ambang yang diajukan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu pada November 2023.

Asripan Nani diterima oleh Asisten Deputi Tenaga dan Organisasi Keolahragaan, Agustin Rien Arianti, yang didampingi oleh Analis Kebijakan Ahli Madya Asdep Saspso, Bastaman. Asripan menekankan pentingnya rehabilitasi Stadion Gelora Ambang, mengingat banyak cabang olahraga di daerah tersebut belum memiliki fasilitas yang memadai. “Rehabilitasi stadion ini membutuhkan anggaran sekitar 400 miliar. Mengandalkan APBD saja sangat berat,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa jika Stadion Gelora Ambang dapat difungsikan kembali, hal ini akan mendorong prestasi atlet daerah baik di tingkat regional maupun nasional. Selain itu, keberadaan stadion ini juga diharapkan bisa menggerakkan perekonomian daerah.

Dari hasil pertemuan tersebut, Pemerintah Kota Kotamobagu diminta untuk melengkapi sejumlah data pendukung dan melampirkan desain olahraga daerah, termasuk menentukan cabang olahraga unggulan yang akan ditetapkan melalui Peraturan Wali Kota atau Peraturan Daerah (Perda).

Dalam kunjungan ini, Asripan Nani didampingi oleh Asisten 3 Pemerintah Kota Kotamobagu, Moch. Agung Adati, serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan Staf Khusus Wali Kota Kotamobagu.

Masyarakat BMR berharap dengan adanya upaya ini, kejayaan olahraga di daerah mereka bisa kembali dan mereka dapat menikmati manfaat ekonomi serta sosial dari fasilitas olahraga yang memadai.

JZ22AMI

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button